Aplikasi Pemilu 2014 di Android dan App Store

pesertapemilu2014
(gambar: http://assets.kompas.com/data/photo/2014/03/14/122718402-1foto28780x390.JPG)

Saat ini, semakin banyak saja para pengembang aplikasi yang peduli akan Pemilu 2014. Beberapa aplikasi mereka buat untuk membantu para pemilih untuk dapat mengenal Partai dan Calon Legislatif yang mengikuti Pesta Demokrasi 5 tahunan ini. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis untuk platform Android dan Apple.

Tiga aplikasi ini pemenang pertama, kedua, dan ketiga, dalam kompetisi Hackathon API (Application Programming Interface) Pemilu yang diadakan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi pada 8-9 Maret 2014 di Bandung Digital Valley.

“Pembuatan aplikasi ini bertujuan memberikan informasi seputar pemilu dan mengajak masyarakat khususnya pemilih pemula berpartisipasi dalam pemilu,” ujar Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini dalam launching aplikasi di KPU, Jakarta, Senin (17/3/2014)

orangbaik

Aplikasi Orang Baik hasil kreasi tim AppsKitchen menyajikan berbagai fitur unggulan mulai dari scoring qualified candidate menggunakan algoritma. Pengguna aplikasi ini bisa tahu tingkat pendidikan, pekerjaan, organisasi, dan wawasan daerah pemilihannya.

Selain itu, aplikasi Orang Baik juga memiliki fitur Tahukah Kamu? yang menampilkan informasi berupa tanya jawab seputar pemilu. Pengguna ponsel pintar berbasis android maupun iPhone dapat mengetahui informasi caleg hanya sekali sentuh.

“Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di www.orangbaik.org. Tersedia juga orangbaik.org mobile untuk pengguna iPhone dan Android,” terang Arawan Rizufi, marketing AppsKitchen kepada wartawan yang ikut mendemokan aplikasi Orang Baik.

pemiluhoreAplikasi PemiluHore! berbeda dengan Orang Baik. Aplikasi hasil kreasi tim Ciheulang, tempat anggota mereka berasal, tetap mengangkat tema pemilu tapi dikemas dalam bentuk game seperti kuis dengan empat level berjenjang, dan dikembangkan untuk platform android.

CEO & Co-Founder The Ciheulang menjelaskan, konsep game yang diusung lebih untuk menyadarkan pemilih soal partai politik peserta pemilu, siapa saja calon anggota legislatifnya, cara pencoblosan surat suara, sampai latarbelakang si caleg.

Pada level 1, di layar ponsel akan disajikan logo partai yang tidak penuh. Pengguna aplikasi diminta menebak logo partai yang tidak penuh sesuai pilihan namai-nama partai di bawahnya. “Ini untuk membangkitkan kesadaran pengguna terkait partai,” katanya.

calegstoreTerakhir adalah aplikasi Caleg Store hasil kreasi Tim Alexcier yang ketiga anggotanya adalah mahasiswa Indonesia yang belajar di Singapura. Sesuai namanya Caleg Store, pengguna bisa lebih mudah mengetahui data-data kandidat atau caleg yang akan mereka pilih.

“Halaman utama kita berisi featured atau most popular atau hihgest rated caleg untuk memancing keingintahuan pengguna,” terang salah satu tim, Jaya Satrio Hendrick. Di aplikasi ini, bila pengguna men-swipe layar paling kiri, akan terbuka menu tampilan daftar partai.

Ketika pengguna menyentuh logo partai tertentu, tampilannya akan berubah dan menyajikan daftar caleg. Masing-masing caleg dapat diketahui dari latarbelakang pendidikan, pekerjaan dan organisasinya. Pengguna pun bisa memberi rating kepada si caleg.
(tribunnews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s